Kolonel Sanders,
pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dia memulainya di usia 66 tahun.
Pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali
dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Namun dia memiliki keahlian
dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di
negaranya. Kolonel Harland Sanders adalah pelopor Kentucky Fried Chicken atau
KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba
makanan siap saji di dunia.
Sejarah KFC Indonesia
Pemilik tunggal
waralaba KFC di Indonesia adalah PT. Fasrfood Indonesia Tbk, Perusahaan yang
didirikan oleh GelaelGroup pada tahun 1978 ini merupakan pihak pertama yang
memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia.
KFC di Indonesia
pertama kali sukses beroprasi pada bulan Oktober 1979 di Jl. Melawai, Jakarta
kemudian dilanjutkan dengan pembukaan outlet-outlet lainnya. Setelah di
Jakarta, KFC juga membuka outletnya di kota-kota besar Indonesia lain. Inilah
yang membuat KFC saat ini menjadi bisnis waralaba cepat saji yang punya
dominasi cukup tinggi di Indonesia.
Di tahun 1990, Salim
Group masuk sebagai pemegang saham utama. Adapun hingga saat ini kepemilikan
saham adalah 43,8% milik PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada
PT. Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%)
didistribusikan kepada Publik dan Koperasi.
Di tahun 2007 outlet
KFC di Indonesia sudah mencapai 307 outlet dengan 11.835 karyawan dan penjualan
tahunan di atas Rp.1.590triliun. Data tahun 2014 menunjukkan bahwa outlet KFC
di Indonesia sudah mencapai 493 gerai.
Pada kesempatan kali ini kelompok kami ingin
membahas aspek Marekting mix pada KFC
1. Produk
KFC mempunyai produk berupa fastfood
dan minuman. Produk makanannya terdiri dari ayam goreng, nasi, kentang goreng,
spaghetti, burger dan masih banyak lagi dengan rasa yang beraneka macam. Produk
minumannya berupa beraneka macam minuman bersoda, float dan masih banyak lagi.
2. Price
Harga yang ditawarkan oleh KFC
beraneka macam tergantung pada produk yang akan kita beli. Rata-rata harga dari
produk yang ditawarkan untuk kelas menengah keatas berkisar antara
5000-120.000. Tapi untuk menarik minat pelanggan, KFC mempunyai berbagai paket
harga seperti paket menu goceng dimana menu-menu dalam paket goceng tersebut
memiliki harga 5000 namun belum termasuk ppn, menu kombo dan masih banyak menu
yang lainnya. Adanya menu-menu tersebut kita bisa memilih produk apa yang
seharusnya kita beli sesuai dengan kondisi keuangn kita.
3. Promosi
KFC melakukan serangkaian
promosi dari produk-produknya melalui berbagai media cetak dan elektronik.
Selain itu KFC juga mengadakan promosi seperti penjualan album musik, free
coupons, free toys, family packet. sehingga mencakup semua kalangan konsumen
seperti keluarga, remaja dan anak anak.
4. Place
Dalam pemilihan lokasinya KFC
memilih tempat yang ramai dikunjungi orangdan cukup strategis sehingga mudah
dijangkau oleh masyarakat (mall, perkotaan, dll). Serta desain interiornya juga
memiliki corak khas,menjadikan sebuah icon tersendiri untuk KFC.
5. People
Karyawan-karyawan yang bekerja
di KFC memiliki sikap yang ramah dan attitude yang baik serta memiliki
ketepatan dan ketelitian yang baik dalam mendengarkan pesanan dari pelanggan.
6. Process
Untuk menikmati produk KFC,
kita dapat langsung menikmatinya di tempat, layanan delivery, fasilitas drive
thru, dan pemesanan online yang nantinya dapat langsung diambil di kasir.
.
7.
Physical Evidence
Adanya jutaan Restoran
yang tersebar di seluruh dunia menjadi bukti fisik dari adanya KFC, dengan
dilengkapi desain interior yang khas menjadikan KFC memiliki perbedaan dengan
restoran lain yang ada di seluruh dunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar